Selasa pagi (18/1/2022), Wali Kota Samarinda, Andi Harun bersama Wawali Rusmadi dan jajaran Forkopimda Kota Samarinda melakukan rangkaian peringatan HUT ke-354 Kota Samarinda dan HUT ke-62 Pemerintah kota Samarinda.

Rangkaian Peringatan HUT Kota Samarinda, Andi Harun Ziarah ke Makam Mantan Wali Kota Samarinda

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Selasa pagi (18/1/2022), Wali Kota Samarinda, Andi Harun bersama Wawali Rusmadi dan jajaran Forkopimda Kota Samarinda melakukan rangkaian peringatan HUT ke-354 Kota Samarinda dan HUT ke-62 Pemerintah kota Samarinda.

Yang tak biasa, ziarah makam tahun ini para rombongan mendatangi satu per satu makam mantan Wali Kota Samarinda yang telah wafat.

Dengan masih mengenakan pakaian PSL usai upacara, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda menuju menuju pusara makam beberapa tokoh serta mantan Wali Kota Samarinda yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa tersebut.

Makam pertama yang dihampiri Andi Harun dan rombongan yaitu makam Gubernur Kalimantan Timur ke-8, H. Muhammad Ardans.

Ia pun sempat mengenalkan makam itu kepada Kapolresta Samarinda yang baru, Kombes Pol Ary Fadli yang juga turut dalam rombongan ziarah.

Berlanjut ke makam Wali Kota Samarinda ke-2, Kadrie Oening setelah itu ke makam wali kota ke-6 Waris Husain yang juga berada di kompleks TMP Kesuma Bangsa itu.

Makam terakhir yang diziarahi oleh rombongan adalah wali kota ke-8, Achmad Amins. Rombongan menyempatkan untuk mendoakan para pendahulu tersebut dengan dipimpin oleh Asisten I Pemkot Samarinda, Ridwan Tassa, usai penaburan bunga.

Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah ke makam La Mohang Daeng Mangkona, sebagai tokoh pendiri pemukiman pertama di Kota Samarinda, yang terletak di jalan Abdul Rasyid, kelurahan Masjid, kecamatan Samarinda Seberang.

Diketahui kegiatan ziarah ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan menjelang peringatan hari jadi kota Samarinda.

Usai kegiatan ziarah hari itu, wali kota Andi Harun menyampaikan pesan bahwa esensi dari kegiatan yang dilakukan adalah meneladani semangat untuk melanjutkan pembangunan kota Samarinda yang telah dilakukan oleh para pemimpin kota tepian terdahulu.

“Oleh sebabnya, saya sebagai walikota atas nama pemerintah meyakini dan menyadari betul tidak bisa membangun sendiri, butuh sinergi dan kolaborasi semua pihak sampai terwujud kota Samarinda sebagaimana para pendiri cita-citakan,” ujarnya.

Kegiatan ziarah ini merupakan kali pertama dilakukan Andi Harun sebagai walikota Samarinda.

Ia juga mengisyaratkan akan melanjutkan ziarah kepada makam pendahulu kota Samarinda yang berada di tempat lain dalam kesempatan lainnya.

“Kita pun akan mengunjungi makam para pemimpin di zamannya masing-masing, ada juga yang dikebumikan di luar kota atau tempat lain sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kita atas semua dedikasi beliau yang diberikan kepada kota ini,” pungkasnya. (*)


Artikel Terkait