Dinas PUPR Kaltim, mulai melakukan penanganan terhadap jalan longsor di Jalan Sultan Sulaiman RT 29, Kecamatan Sambutan.

PUPR Kaltim Tangani Jalan Longsor di Sambutan, Perbaikan Permanen Direncanakan 2023

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Dinas PUPR Kaltim, mulai melakukan penanganan terhadap jalan longsor di Jalan Sultan Sulaiman RT 29, Kecamatan Sambutan.

UPTD Pemeliharaan Infrastruktur Wilayah II PUPR Kaltim, dalam waktu dekat akan melakukan penyelidikan tanah sebagai acuan penyusunan detail engineering design (DED) jalan tersebut.

Hariadi Purwatmoko, Kasi Perencanaan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kaltim, menyebut, penyelidikan dilakukan pada minggu terakhir Juli 2022.

Sementara DED ditarget rampung pada Oktober mendatang.

"Tim konsultan dijadwalkan melakukan survei lapangan berupa survei topografi dan penyelidikan tanah. Waktu yang diperlukan untuk mengetahui hasil survei ini mencapai satu bulan," kata Hariadi, Kamis (28/7/2022).

Untuk perbaikan permanen di jalan poros Samarinda-Anggana itu, PUPR Kaltim bekal mengalokasikan anggaran pada 2023 mendatang.

“Kebutuhan anggaran penanganan permanen diperkirakan cukup besar dan perlu waktu lama. Makanya akan diusulkan 2023 mendatang,” jelasnya.

Agar tidak menghambat arus lalu lintas di jalan poros tersebut, PUPR Kaltim akan melakukan penanganan sementara.

“Pekerjaan lebih sulit dan butuh lahan lebih banyak. Makanya opsi yang dipilih meningkatkan jalur alternatif yang sudah ada,” pungkasnya. (*)


Artikel Terkait