Wiper merupakan komponen yang wajib ada pada setiap mobil. Meski bentuknya terbilang kecil, tetapi penyeka kaca ini mempunyai peran begitu krusial.

Perlu Diingat, Ini Manfaat Wiper Mobil Diangkat saat Parkir

ANALITIK.ID- Wiper merupakan komponen yang wajib ada pada setiap mobil. Meski bentuknya terbilang kecil, tetapi penyeka kaca ini mempunyai peran begitu krusial.

Terutama jika berkendara saat kondisi hujan atau kaca dalam kondisi kotor. Maka pengemudi membutuhkan wiper untuk membersihkan agar tidak menghalangi pandangan. Untuk itu, kondisi wiper harus tetap terjaga agar bisa bekerja secara maksimal. 

Salah satu yang bisa dilakukan, yakni dengan mengangkat wiper saat parkir di bawah terik matahari atau tanpa atap. Cara seperti itu diyakini bisa membuat wiper terhindar dari panas kaca yang terpapar matahari. 

Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi menyampaikan, mengangkat wiper saat parkir memang diperlukan. 

“Memang kondisi tropis khususnya saat musim panas kaca depan terpapar panas dan bisa mengenai karet wiper,” ujarnya saat dihubungi KOMPAS.com, Selasa (28/1/2020). 

Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, maka bukan tidak mungkin bisa menyebabkan karet wiper menjadi keras. 

Selain itu, jika hal itu sudah terjadi otomatis kerja karet wiper juga tidak bisa maksimal dalam membersihkan kaca bagian depan mobil. 

“Ketika wiper terkena panas dari kaca lambat laun karet wiper bisa kehilangan elastisitasnya, sehingga daya hapusnya juga bisa berkurang,” ujarnya. 

Selain itu, Didi juga mengatakan, karet wiper juga bisa robek. Pada kondisi ini blade yang terbuat dari besi yang menjadi tempat wiper bisa mengenai kaca. 

“Blade itu kan terbuat dari besi kalau wiper karetnya sudah robek besi blade bisa mengenai kaca. Itu yang bisa membuat kaca menjadi baret,” ucapnya. 

Maka dari itu, Didi menambahkan, kondisi karet wiper juga harus terus dijaga. Yakni dengan mengangkat wiper saat parkir di bawah terik matahari. 

Hal senada juga disampaikan oleh Service Head Auto2000 Edwin Dwi Novianto. Edwin mengatakan, jika mobil parkir dalam waktu yang lama lebih disarankan agar mengangkat wiper. 

“Jika parkir dalam jangka waktu yang lama disarankan untuk mengangkat wiper. Tetapi juga jangan lupa memperhatikan kondisi di sekitar, hal ini karena lengan wiper juga mudah terkena angin,” katanya. 

Meski jarang terjadi, tetapi Edwin mengingatkan, bahwa bisa saja lengan wiper terkena angin dan terlepas. 

“Kalau untuk tingkat kekerasan karet wiper juga tergantung pada usia wipernya juga,” kata Edwin. (*)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Ini Manfaat Wiper Mobil Diangkat saat Parkir", https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/28/130100315/catat-ini-manfaat-wiper-mobil-diangkat-saat-parkir?page=all#page2.

Alasan mengangkat WIPER saat Parkir


Artikel Terkait