Proyek refinery development master plan (RDMP) kilang Pertamina Balikpapan dikunjunfi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah Berkunjung ke Pertamina Balikpapan untuk Tinjau Implementasi K3

ANALITIK.ID- Proyek refinery development master plan (RDMP) kilang Pertamina Balikpapan dikunjunfi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Kunjungan itu dilakukan terkait pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) karyawan menggarap proyek senilai Rp 3,7 triliun ini. 

“Kami ingin mengetahui implementasi K3 di lingkungan Pertamina,” kata Menteri Ida di Balikpapan, Sabtu (18/1/2020). 

Ida mengatakan, sektor industri minyak dan gas menyimpan potensi ancaman kerja. Menurutnya, perusahaan migas harus memiliki kemampuan memadai dasar dasar K3. 

“Kami sengaja mengunjungi Pertamina karena Pertamina tergolong perusahaan yang memiliki risiko tinggi,” paparnya. 

Pertamina memperkerjakan sekitar 8.238 pekerja dalam proyek pengembangan kilang minyak Pertamina Balikpapan. Kilang minyak ini ditingkatkan kemampuan produksinya BBM menjadi 360 ribu barrel per hari. 

Selama kunjungan ini, Ida menilai Pertamina mampu menanamkan budaya keselamatan kerja bagi seluruh pegawai. Pertamina terbukti beberapa kali meraih penghargaan K3 tingkat lokal dan nasional. 

“Contoh perusahaan yang memiliki kecelakaan nihil dan Program P-2 HIV AIDS dan beberapa penghargaan lainnya,” ungkapnya. 

Pertamina sudah sewajarnya memiliki visi misi perusahaan energi nasional kelas dunia. Perusahaan migas plat merah ini terbukti memiliki area eksplorasi dan eksploitasi di dalam dan luar negeri. 

Sehubungan itu, Ida meminta Pertamina terus mendorong pelaksanaan program keselamatan kerja karyawan. Implementasi program pun mampu memotivasi perusahaan lainnya kemampuan K3. 

“Fokus sekarang adalah pengembangan Sumber Daya Manusia yang memperhatikan aspek K3, karena hal tersebut akan berpengaruh besar pada perkembangan dan kesejahteraan perusahaan,” ujar Ida. 

Pelaksanaan proyek RDMP Pertamina menyerap ribuan tenaga kerja. Pertamina memberikan prioritas bagi tenaga kerja lokal Kaltim. 

“Proyek RDMP menyerap banyak tenaga kerja,” kata Direktur SDM PT Pertamina (Persero) Koeshartanto. 

Koeshartanto mengatakan, Pertamina membutuhkan SDM berprestasi dalam menyelesaikan proyek RDMP Balikpapan. Selain itu, Pertamina pun membutuhkan pekerja berprestasi mengembangkan industri migas tanah air. (*)


Artikel ini telah tayang di Diksi.co dengan judul "Kunjungi Pertamina, Menteri Ketenagakerjaaan Pantau Implementasi K3" https://diksi.co/news/kunjungi-pertamina-menteri-ketenagakerjaaan-pantau-implementasi-k3


Artikel Terkait