Kubis atau kol identik dengan olahan sayur sop atau bahkan lalapan di pecel lele dan pecel ayam.

Manfaat Konsumsi Kol yang Jarang Diketahui

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentangmanfaat konsumsi kol.

Kubis atau kol identik dengan olahan sayur sop atau bahkan lalapan di pecel lele dan pecel ayam.

Beberapa waktu lalu, lalap kol menjadi tren lantaran kol goreng sebagai pendamping nasi uduk pecel lele. Namun seiring popularitasnya, kol goreng disebut-sebut tak sehat lantaran menyerap banyak minyak.

Bagaimana dengan kol atau kubis-nya sendiri? Teksturnya yang renyah dan rasanya yang ringan, menambah sensasi yang menyegarkan.

Tak banyak yang tahu, kol atau kubis ternyata memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan. Berikut 6 kebaikan dan manfaat kol yang jarang diketahui.

Membantu Diet

Tahukah Anda kalau kol termasuk sayuran yang rendah kalori, tapi tinggi serat dan nutrisi. Oleh karenanya sayuran ini cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Kol bisa membantu Anda menurunkan berat badan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi membuat kenyang lebih lama.

Mengurangi Peradangan

Kandungan fitonutrien di dalam kol disebut ampuh untuk membantu mengurangi peradangan. Fitonutrien dalam kubis berperan sebagai antioksidan yang ampuh untuk mengurangi risiko kanker.

Berdasarkan penelitian, kandungan indole dan isothiocyanate yang terdapat dalam kubis bisa menghentikan perkembangan berbagai jenis kanker misalnya kanker kandung kemih, kanker usur besar, kanker payudara, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Melancarkan Pencernaan

Seperti disebut di atas, kol memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat di dalamnya adalah serat tak larut yang cukup tinggi dan baik untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Serat tak larut dalam kol berperan untuk memberi bahan bakar pada bakteri baik di usus. Selain itu konsumsi kol juga ampuh untuk meredakan sembelit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi yang memiliki kondisi tekanan darah yang tinggi, juga bisa mengonsumsi kol merah.

Kol merah mengandung antosianon, yang dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition, makanan yang mengandung antosianon ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko masalah arteri koroner. Tak hanya itu, kandungan polifenol dalam kubis juga bisa membantu mencegah penumpukan trombosit dan menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kol mengandung vitamin C dan vitamin larut di air yang membantu terbentuknya kolagen. Kolagen akan membuat kulit lebih sehat, glowing, kenyal dan juga awet muda. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "5 Manfaat Tak Terduga Makan Sayur Kol", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210422102823-262-633225/5-manfaat-tak-terduga-makan-sayur-kol


Artikel Terkait