PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) resmi membeli seluruh saham Fritolay Netherlands Holding B.V (Fritolay) selaku afiliasi dari PepsiCo Inc. (PepsiCo) di dalam perusahaan patungan kedua perusahaan yakni PT Indofood Fritolay Makmur (IFL).

Lay's, Doritos, hingga Cheetos Resmi Berhenti Produksi di Indonesia

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang Lay's, Doritos, hingga Cheetos resmi berhenti produksi di Indonesia.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) resmi membeli seluruh saham Fritolay Netherlands Holding B.V (Fritolay) selaku afiliasi dari PepsiCo Inc. (PepsiCo) di dalam perusahaan patungan kedua perusahaan yakni PT Indofood Fritolay Makmur (IFL).

Nilai pembelian mencapai Rp 494 miliar atau setara dengan 49% dari total saham yang diterbitkan oleh IFL. Dengan demikian, beberapa produksi PepsiCo yang dipasarkan di Indonesia, antara lain Lay's, Doritos, Cheetos harus berhenti.

Transaksi tersebut dilakukan pada Rabu (17/2). Sekretaris Perusahaan Indofood CBP Sukses Makmur Gideon A Putro mengatakan dengan demikian Indofood CBP Sukses Makmur menjadi 99,99% saham IFL. Dana pembelian saham ini berasal dari kas internal perusahaan.

Untuk diketahui, Fritolay merupakan produsen dari makanan ringan yang terafiliasi dengan PepsiCo. Perusahaan ini memiliki lisensi brand untuk produk yang dipasarkan oleh ICBP, seperti Lay's, Cheetos dan Doritos.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), disebutkan bahwa langkah ini diambil lantaran diakhirnya perjanjian lisensi dengan PepsiCo.

Dalam 6 bulan ke depan merupakan masa transisi, sehingga IFL akan menghentikan produksi dan penjualan produk dari dengan merek yang memiliki lisensi dari Fritolay setelah periode tersebut.

Dengan berakhirnya perjanjian lisensi ini, maka PepsiCo beserta seluruh perusahaan afiliasinya di tidak boleh untuk melakukan produksi, mengemas, menjual dan memasarkan produk makanan ringan apapun di Indonesia yang bersaing dengan produk IFL selama 3 tahun setelah masa transisi.

Minuman berkarbonasi dari perusahaan tersebut yakni Pepsi telah lebih dahulu menghentikan produksinya di Indonesia sejak 10 Oktober 2019. Di Indonesia, Pepsi bekerja sama dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM), yang juga merupakan anak usaha dari Indofood CBP. (*)

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul "Resmi! Lay's, Doritos, hingga Cheetos Berhenti Produksi di RI", https://www.cnbcindonesia.com/market/20210219103400-17-224568/resmi-lays-doritos-hingga-cheetos-berhenti-produksi-di-ri


Artikel Terkait