Krisdayanti sebelumnya mendapat sorotan setelah blak-blakan mengakui jika anggota dewan mendapat gaji ratusan juta setiap bulan.

Krisdayanti Mengklarifikasi Pernyataannya Mengenai Dana Reses, Begini Katanya

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang Krisdayanti, meluruskan soal pernyataannya terkait dana reses.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Krisdayanti mengklarifikasi pernyataannya mengenai gaji ratusan juga anggota dewan, termasuk dana reses.

Krisdayanti sebelumnya mendapat sorotan setelah blak-blakan mengakui jika anggota dewan mendapat gaji ratusan juta setiap bulan.

Pendapatan ratusan juta itu juga termasuk dana reses atau dana aspirasi.

Terkait hal itu ia lakukan klarifikasi.

Krisdayanti menjelaskan bahwa dana reses yang diterima anggota DPR bukanlah bagian dari pendapatan pribadi.

"Dana Reses bukanlah merupakan bagian dari pendapatan pribadi anggota DPR RI, melainkan dana untuk kegiatan reses guna menyerap aspirasi rakyat di daerah pemilihan masing-masing," kata Krisdayanti melalui keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021).

Krisdayanti mengatakan, dana reses wajib digunakan untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

Aspirasi ini, lanjutnya, yang kemudian disalurkan oleh para wakil rakyat.

"Anggaran tersebut wajib dipergunakan oleh anggota DPR dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk menyerap aspirasi rakyat. Aspirasi ini yang kemudian disalurkan anggota DPR dalam bentuk kerja-kerja legislasi, pengawasan dan anggaran, sebagaimana fungsi DPR RI yang diamanatkan konstitusi," ungkap dia.

Karena itu, anggota Fraksi PDIP itu menegaskan, bahwa dana reses yang berasal dari rakyat pada akhirnya akan kembali ke rakyat. Bukan untuk kepentingan pribadi anggota dewan.

"Pada pelaksanaannya di lapangan, dana reses digunakan untuk membiayai berbagai hal teknis kegiatan menyerap aspirasi masyarakat ini. Bentuk kegiatan banyak juga merupakan usulan dari masyarakat, mulai dari pertemuan biasa masyarakat dengan anggota DPR, sampai kegiatan-kegiatan tertentu yang menjadi kebutuhan masyarakat. Jadi dana reses yang berasal dari rakyat ini pada akhirnya kembali lagi ke rakyat dalam berbagai bentuk kegiatan," ujar Krisdayanti.

Lebih lanjut, Krisdayanti menjelaskan, kegiatan menyerap aspirasi masyarakat ini tidak hanya dilakukan oleh anggota DPR RI saja.

Dia mengatakan, anggota DPRD baik di provinsi maupun kota/kabupaten juga melakukan hal yang sama sesuai dengan amanat UU tentang Majelis Permusyawarakatan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau UU MD3.

"Kegiatan menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan yang telah dianggarkan oleh negara ini tidak saja berlaku bagi anggota DPR RI, tapi juga untuk anggota DPRD Provinsi, maupun DPRD Kota/Kabupaten sesuai dengan ketetentuan UU MD3," kata dia.

Krisdayanti pun memastikan penggunaan anggaran negara untuk kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan asas kemanfaatan, keadilan, transparansi dan akuntabilitas. Penggunaan anggaran itu, lanjutnya, juga diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Penggunaan anggaran negara ini dilakukan berdasarkan asas kemanfaatan, keadilan, transparansi dan akuntabilitas, sehingga wajib dilaporkan ke Sekretariat Dewan di masing-masing tingkatan, dan dalam hal DPR RI, diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," ungkap Krisdayanti.

Sebelumnya, Krisdayanti mengaku menerima gaji selaku anggota DPR sebesar Rp 16 juta. Empat hari berselang, anggota DPR yang akrab dipanggil KD itu mengaku menerima lagi tunjangan sebesar Rp 59 juta.

Selain itu, ada juga dana aspirasi Rp 450 juta yang diterima sebanyak 5 kali dalam setahun, serta dana reses sebesar Rp 140 juta sebanyak 8 kali per tahunnya. Pengakuan Krisdayanti itu pun sontak mencuri perhatian. (*)

 Artikel ini telah tayang di  detik.com dengan judul 'Krisdayanti Luruskan soal Dana Reses: Bukan Pendapatan Pribadi Anggota DPR' https://news.detik.com/berita/d-5724215/krisdayanti-luruskan-soal-dana-reses-bukan-pendapatan-pribadi-anggota-dpr/2


Artikel Terkait