Kamu menemukan resep menarik yang sehat dan lezat, yang membuatmu yakin bahwa si kecil akan melahapnya saat kamu menyajikannya di atas meja.

Kenapa Anak Susah Makan? Bisa Jadi 8 Alasan Ini Penyebabnya...

ANALITIK.ID- Kamu menemukan resep menarik yang sehat dan lezat, yang membuatmu yakin bahwa si kecil akan melahapnya saat kamu menyajikannya di atas meja. 

Sayangnya, setelah berjam-jam berkutat di dapur dan menyajikannya di meja makan, si kecil justru menolaknya mentah-mentah. 

Rasanya usaha apapun yang kita lakukan, belum ada yang berhasil membuat si kecil berselera untuk makan. 

Ini tentu membuat kita sebagai orangtua mengkhawatirkan apakah kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan si kecil terpenuhi. Ketika anak-anak menolak untuk makan, para ibu tentu akan mencoba berbagai cara membujuk mereka untuk makan dengan cara yang berbeda.

 Bahkan ada kalanya harus memakai ancaman, memarahi hingga melarang mereka bermain. Tetapi anak-anak teta bersikeras dan membuat kita kesulitan. 

Alih-alih marah dan frustrasi, sebagai orangtua kita perlu memahami mengapa anak-anak berperilaku demikian. 

 Ada banyak alasan mengapa anak-anak tidak mau makan. Berikut ini adalah berapa alasan yang bisa menyebabkan anak tak mau makan: 

- Apakah ada jarak yang cukup antara waktu makan anak? 

- Apakah makanan disiapkan sesuai dengan selera anak? - Apakah si kecil memiliki kebiasaan ngemil sebelum makan? 

- Apakah si kecil termasuk anak yang aktif dan energik dan mendapatkan latihan fisik yang cukup? Jika jawabannya tidak, maka orangtua mungkin harus memperbaikinya. 

- Pastikan bahwa waktu makan anak dijadwalkan dengan benar dan harus memiliki jarak setidaknya 3-4 jam antara setiap kali makan. 

- Juga, pastikan makanan yang disiapkan menarik untuk selera anak. 

- Orangtua harus benar-benar menghindari memberikan makanan ringan setidaknya setengah jam sebelum makan, karena ini akan menghilangkan nafsu makan. 

- Jika anak tidak energik atau tidak aktif, ia kemungkinan tidak akan merasa lapar selama waktu makan. 

Jika anak masih menolak untuk makan bahkan setelah mempertimbangkan berbagai hal di atas, mungkin ada beberapa penyebab lain di baliknya. 

Penting bagi para orangtua untuk mencatat poin-poin ini dan memahami alasan sebenarnya mengapa anak tidak mau makan, alih-alih memberi makan secara paksa. Berikut beberapa alasan mengapa kecil tak mau makan. 

1. Si kecil mungkin memiliki perasa yang sensitif Beberapa anak terlahir dengan lebih banyak perasa di permukaan lidah mereka. Ini membuat mereka super sensitif terhadap rasa, dan akan menolak untuk makan makanan yang mungkin tidak terasa sempurna. 

2. Ada gangguan Sebagian anak-anak mungkin terbiasa makan sambil menonton TV atau menonton video lewat ponsel. Ini merusak nafsu makan mereka dan juga mengganggu pikiran mereka untuk fokus pada makanan. 

3. Pergerakan usus yang tidak teratur Jika si kecil mengalami buang air besar yang tidak teratur atau mengalami kesulitan saat ingin buang air besar, ia akan segera menarik diri dari makan. 

Hubungan umum antara kebiasaan makan dan usus ini sering terlewat oleh orangtua. Cobalah untuk membuat buang air besar lebih teratur, jika perutnya dalam kondisi nyaman, nafsu makan akan membaik. 

4. Terlalu banyak pilihan 

Jika selama ini selalu menyediakan berbagai macam dan terlalu banyak pilihan, sekarang saatnya untuk mengurangi. Anak-anak menjadi bingung dan kemudian akhirnya tak mau makan. 

Cobalah untuk mempersempit pilihan, misalnya hanya pada karbohidrat, nasi putih atau nasi merah, setelah itu siapkan makanan dengan sayur dan lauk yang sudah disiapkan. 

5. Masalah kesehatan 

Jika si kecil baru saja sembuh dari penyakit, mereka mungkin merasa makanannya hambar. Dalam kasus seperti itu, penting untuk memberi anak-anak waktu untuk pulih sepenuhnya dan mencicipi makanan secara normal lagi. 

Memaksa mereka makan akan berdampak negatif pada mereka. Agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi, ibu bisa menyiapkan makanan favoritnya. 

6. Tidak menyukai tekstur tertentu 

Hal-hal kecil sangat berarti bagi anak-anak. Ada banyak anak yang sangat cerewet dalam hal tekstur, sehingga mereka menolak makan berhari-hari, sedangkan para ibu berusaha keras untuk menemukan alasan di balik itu. 

Jika anak suka nasi yang agak lunak, taka ada salahnya untuk menyiapkannya seperti itu. Ketika kita bisa menghormati pilihan mereka, mereka tidak akan mengecewakan. 

7. Alergi makanan Alergi makanan tertentu dapat membuat anak-anak menghindari jenis makanan tertentu. Bisa jadi si kecil memiliki alergi tanpa ibu sadari. 

Jika anak secara konsisten menolak jenis makanan tertentu, cobalah mencari tahu apakah dia mengalami masalah setelah mengonsumsinya, seperti gatal di sekitar mulut atau bahkan merasa sesak napas. 

8. Suasana di rumah 

Apakah kamu membedakan makanan untuk anak dengan anggota keluarga lain? Bisa jadi, sudah tak tertarik lagi pada makanan bayi yang disiapkan untuknya. 

Cobalah untuk melibatkan si kecil saat makan malam. Jika anggota keluarga makan makanan pedas yang dikhawatirkan tidak cocok untuk si kecil, kamu bisa membuat makanan yang sama dengan tingkat kepedasan berbeda. (*)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anak Susah Makan? Bisa Jadi 8 Alasan Ini Penyebabnya", https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/27/210900520/anak-susah-makan-bisa-jadi-8-alasan-ini-penyebabnya?page=all#page2.

Kenapa Anak Saya Susah Makan? Ini Penyebabnya..!


Artikel Terkait