Angin kencang melanda Bumiaji, Kota Batu. Nyaris seluruh wilayah tertutup kabut pekat yang berasal dari material debu yang terbawa tiupan angin kencang.

Kebakaran Gunung Arjuno dan Angin Kencang Melanda Kota Batu

ANALITIK.ID | Batu - Angin kencang melanda Bumiaji, Kota Batu. Nyaris seluruh wilayah tertutup kabut pekat yang berasal dari material debu yang terbawa tiupan angin kencang.

Wilayah terparah adalah Desa Sumberbrantas. Badai debu menerjang wilayah Desa Sumberbrantas, sejak pagi tadi. Sejumlah wilayah di desa terkena dampak asap dari kebakaran Gunung Arjuno.

Angin kencang yang terjadi sejak malam kemarin diduga menyebabkan asap dari kebakaran Gunung Arjuno menyasar wilayah Bumiaji, Kota Batu, yang berada di sisi selatan dari Gunung Arjuno.

"Cukup parah, asap dari dampak kebakaran Gunung Arjuno sudah sampai ke wilayah-wilayah pemukiman pendududuk di Kota Batu. Mana saja, kami masih assesment. Hanya dampak asap, kalau apinya belum ke wilayah pemukiman penduduk," ujar Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Satriyo Nur Seno terpisah.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang akan beraktivitas di luar rumah untuk menggunakan masker. "Masyarakat kalau keluar ruangan tolong membawa masker atau buff, agar pernafasan tidak terganggu," pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Badai Debu dan Asap Kebakaran Arjuno Terjang Permukiman Warga di Batu"

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4753459/badai-debu-dan-asap-kebakaran-arjuno-terjang-permukiman-warga-di-batu

Musibah di Kota Batu malang jawa timur


Artikel Terkait