Portugal malah lebih banyak bertahan karena Serbia menguasai jalannya bola dan membuat 11 attempts berbanding sembilan milik Portugal.

Kalah 1-2 dari Serbia, Portugal Gagal Lolos Langsung ke Piala Dunia 2022

ANALITIK.CO.ID - Ronaldo harus menahan amarah ketika Timnas Portugal gagal lolos langsung ke Piala dunia 2022 setelah kalah 1-2 dari Serbia.

Portugal harus melewati babak play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Pada pertandingan pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup A yang dihelat di Estadio da Luz, Senin (15/11/2021) dini hari WIB, Portugal yang cuma butuh hasil imbang unggul cepat di menit kedua lewat Renato Sanches.

Serbia menyamakan skor di menit ke-33 lewat Dusan Tadic. 

Portugal malah lebih banyak bertahan karena Serbia menguasai jalannya bola dan membuat 11 attempts berbanding sembilan milik Portugal.

Tuan rumah harus gigit jari setelah Aleksandar Mitrovic membuat gol penentu kemenangan di menit ke-90. 

Serbia pun lolos langsung ke Qatar tahun depan sebagai juara grup dengan 20 poin, unggul tiga poin dari Portugal di posisi kedua.

Dengan demikian, Portugal harus tampil di fase play-off untuk merebut tiket lolos ke Piala Dunia.

Portugal bermain menyerang sejak menit awal dan sudah unggul pada menit kedua. 

Diawali Bernardo Silva yang merebut bola dari Nemanja Gudelj, assist langsung diberikan kepada Renato Sanches yang berada bebas di pertahanan Serbia.

Dengan mudah, Sanches menaklukkan Predrag Rajkovic lewat sepakan jarak dekat.

 Portugal unggul 1-0 dan berupaya untuk menambah gol secepatnya.

Tapi, pertahanan Serbia malah jadi susah ditembus dan Portugal justru kerepotan meredam serangan tim tamu.

 Serbia nyaris menyamakan skor di menit ke-13 andaikan tembakan Dusan Vlahovic di depan gawang tak membentur tiang dan bola rebound langsung disambarnya lagi, tapi melayang jauh.

Cristiano Ronaldo coba mencetak gol tak lama setelahnya tapi Rajkovic mampu membendung tendangan jarak jauhnya. 

Serbia yang terus menekan akhirnya bisa menyamakan skor di menit ke-33.

Sasa Lukic memberikan assist matang kepada kapten tim Dusan Tadic.

 Menguasai bola sejenak, Tadic mengarahkan bola ke gawang yang sebenarnya bisa diantisipasi Rui Patricio, tapi malah masuk dan membuat Serbia mencetak gol.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Serbia dan Portugal sama-sama bernafsu mencari gol. 

Tapi, tidak ada peluang yang membahayakan gawang sama sekali. Ronaldo di lini serang sulit mendapatkan ruang tembak.

Serbia lebih banyak menguasai bola sementara Portugal coba melakukan serangan balik, sambil bertahan. 

Pukulan telak untuk tuan rumah hadir di menit ke-90 ketika Tadic lagi-lagi meneror.

Kali ini Tadic memberikan umpan silang yang disundul Mitrovic ke tiang dekat dan Patricio tidak bisa mengadangnya. Serbia menang 2-1 dan berhak atas tiket putaran final Piala Dunia 2022 sebagai juara grup.

Susunan pemain

Portugal: Rui Patricio; Joao Cancelo, Jose Fonte, Ruben Dias, Nuno Mendes; Renato Sanches (Ruben Neves 84'), Danilo Pereira (Andre Silva 92'), Joao Moutinho (Joao Palhinha 64'); Bernardo Silva (Bruno Fernandes 64'), Cristiano Ronaldo, Diogo Jota (Joao Felix 83').

Serbia: Predrag Rajkovic; Milos Veljkovic (Uros Spajic 65'), Nikola Milenkovic, Strahinja Pavlovic; Andrija Zivkovic (Nemanja Radonjic 69'), Sergej Milinkovic-Savic, Sasa Lukic, Nemanja Gudelj (Aleksandar Mitrovic 45'), Filip Kostic (Luka Jovic 89'); Dusan Tadic; Dusan Vlahovic. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Kalah Dramatis, Portugal Gagal Lolos Langsung ke Piala Dunia 2022" https://sport.detik.com/sepakbola/bola-dunia/d-5811455/kalah-dramatis-portugal-gagal-lolos-langsung-ke-piala-dunia-2022


Artikel Terkait