Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Holtekamp yang kemudian berubah nama menjadi Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua, Senin (28/10). Youtefa merupakan sebuah teluk kecil di dalam Teluk Yos Sudarso yang berada di garis pantai kota Jayapura.

Jokowi: Papua, Surga Kecil Indonesia Harus Maju Seperti Daerah Lain


ANALITIK.ID | Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Holtekamp yang kemudian berubah nama menjadi Jembatan Youtefa di Jayapura, Papua, Senin (28/10). Youtefa merupakan sebuah teluk kecil di dalam Teluk Yos Sudarso yang berada di garis pantai kota Jayapura.

Jokowi kembali menyebut Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut Jembatan Youtefa ini merupakan simbol persatuan bangsa. Apalagi, kata dia, peresmiannya bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober.

"Jembatan ini juga menjadi tonggak sejarah di tanah Papua bukan hanya simbol penting yang satukan kita tapi juga simbol pentingnya kemajuan untuk bangun tanah Papua," kata Jokowi.

"Tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia. Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi itu hal yang saya lihat setiap kali saya kunjungi Papua. Saya sudah 13 kali ke Papua," kata dia.

Dalam peresmian Jematan Youtefa, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Saya resmikan Jembatan Youtefa, terima kasih. Semoga Tuhan memberkati kita semuanya," kata Jokowi. Peresmian jembatan lalu ditandai dengan penandatanganan prasasti sebagai simbol peresmian jembatan.

Dalam kunjungan ke Papua sebelumnya, Jokowi beberapa kali menyebut Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Misalnya pada akhir 2015 dan awal 2016 lalu.

Peresmian jembatan Youtefa diketahui molor dari jadwal semestinya. Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua saat itu, Lenis Kogoya mengatakan Jokowi menunda peresmian. Sedianya Jokowi terbang ke Papua pada awal September 2019.

"Enggak bisa diresmikan. Pak presiden tanya saya, kapan diresmikan? (Saya bilang) ada masalah. Ini yang masih bikin masalah sekarang," kata Lenis akhir Agustus lalu.

Lenis menyatakan alasan tak bisa diresmikan Jembatan Merah itu karena permasalahan sengketa lahan. Menurutnya, ada perusahaan yang mengklaim memiliki lahan di dekat kawasan jembatan tersebut, padahal lahan itu milik masyarakat.(*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Resmikan Jembatan, Jokowi Kembali Sebut Papua Surga Kecil"

https://cnnindonesia.com/nasional/20191028141951-20-443486/resmikan-jembatan-jokowi-kembali-sebut-papua-surga-kecil

Dibangun Rp1,8 Triliun, Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa di Jayapura - Liputan 6 Terkini


Artikel Terkait