Banyak orang mengenal Lombok, namun belum banyak yang mengenal Mandalika, salah kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat yang sedang bersiap menjadi lokasi ajang MotoGP pada tahun ini.

Jadi Kawasan Wisata di NTT, Salah Satu Pantai di Mandalika Miliki 2 Pasir

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang satu pantai di Mandalika miliki 2 pasir.

Banyak orang mengenal Lombok, namun belum banyak yang mengenal Mandalika, salah kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat yang sedang bersiap menjadi lokasi ajang MotoGP pada tahun ini.

Mandalika yang memiliki luas 1.035 hektare dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus oleh pemerintah Indonesia. Pengelolaannya kini dilakukan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, yang juga mengelola kawasan Nusa Dua di Bali.

Jika selama ini Lombok dikenal dengan Pantai Senggigi, maka bisa dibilang Pantai Tanjung Aan merupakan objek wisata baru.

Pemandangannya sudah pasti indah, namun pantai ini juga memiliki keunikannya sendiri.

Pantai di selatan Lombok ini memiliki keunikan berupa perbedaan pasir antara bagian kanan dan kirinya yang dipisahkan oleh bukit batu kecil.

Pantai Tanjung Aan di sebelah kanan memiliki pasir putih halus bak bedak bayi, dan Pantai Tanjung Aan di sebelah kiri memiliki pasir coklat muda berbentuk bulat kecil bak merica.

Medan area pantai yang berpasir putih terbilang landai, meski di bagian tengah perairannya banyak ditemukan bebatuan karang.

Hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang menjelaskan mengapa Pantai Tanjung Aan bisa memiliki dua pasir yang berbeda.

Sebelum pandemi virus Corona melanda dunia, cukup banyak saja turis domestik dan mancanegara yang mendatangi pantai ini.

Dari pusat kota Mataram, Pantai Tanjung Aan berjarak sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Turis yang datang biasanya melakukan kegiatan berjemur, berenang di pinggiran, surfing, sampai kite-surfing.

Turis juga bisa naik ke atas bukit batu kecil di Pantai Tanjung Aan untuk menikmati pemandangan pesisir Lombok.

Kalau ingin mengisi perut setelah seharian bermain air, di sekitar Pantai Tanjung Aan sudah ada beberapa restoran dan warung makan sederhana. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Bikin Penasaran, Satu Pantai di Mandalika Punya Dua Pasir", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210118144856-269-595163/bikin-penasaran-satu-pantai-di-mandalika-punya-dua-pasir


Artikel Terkait