Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) akan diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda pada tahun 2022.

Disdukcapil Samarinda Akan Lauching Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, Ini Fungsinya

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) akan diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Samarinda pada tahun 2022.

Kepala Disdukcapil Samarinda, Abdullah mengungkapkan, pihaknya akan menyediakan mesin ADM sebanyak tiga unit dan ditempatkan dibeberapa titip keramaian seperti Mal Pelayanan Publik, BigMall Samarinda dan salah satu kecamatan atau di kantor Disdukcapil.

Abdullah mengatakan, dua alat ADM sendiri dibeli pemerintah kota melalui alokasi anggaran APBD Samarinda sementara satu unitnya lagi berasal dari bantuan pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

"Satu ADM dari pusat sementara masih dalam tahap proses pengiriman," ungkap Abdullah, Selasa (19/7/2022).

Abdullah menjelaskan, mesin ADM ini nantinya akan berfungsi untuk mencetak semua akta yang diterbitkan oleh Disdukcapil, seperti mencetak Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Itu yang pasti dapat dimanfaatkan oleh warga," imbuhnya.

Ditanya mengenai teknis pengoperasian ADM, Abdullah memastikan akan ada petugas teknis yang akan membantu masyarakat untuk mengoperasikan mesin tersebut.

"Tentu tetap akan ada petugas yang akan memandu manakala peralatan itu mau gunakan. Namun harapan kami karena barang ini barang elektronik tentu penggunaannya harus ekstra hati-hati," harapnya.

Mengenai jadwal launching ADM, Abdullah belum dapat memastikan. Namun ia mengatakan bahwa lauching ADM akan dilakukan bersamaan dengan launchingnya layanan ditingkat kelurahan.

"Dalam waktu dekat ini mudah-mudahan sebelum akhir 2022 layanan kita akan kita perluas sampai kelurahan. Itu akan launching bersamaan dengan pemanfaatan Anjungan Dukcapil Mandiri," pungkasnya. (*)


Artikel Terkait