Boaz tercatat aktif berstatus sebagai PNS sejak lulus dari Universitas Cenderawasih pada 2013 di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua.

Deretan Pesepak Bola Indonesia yang Juga Berstatus  PNS, Ada Boaz hingga Okto Maniani

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang deretan pesepak bola Indonesia yang juga berstatus sebagai PNS.

Menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pengawai Negeri Sipil (PNS) menjadi sebuah hal yang banyak diminati masyarakat.

Hal itu karena status sebagai PNS yang menjanjikan kestabilan hidup.

Besarnya daya tarik menjadi PNS juga menarik minat para pesepak bola di Indonesia.

Beberapa pemain bola Indonesia bahkan tercatat sebagai PNS baik pemain yang sudah pensiun atau masih aktif bermain.

Berikut deretan pesepak bola Indonesia yang juga berstatus sebagai PNS.

1. Boaz Solossa

Pemain yang baru saja resmi bergabung dengan Borneo FC ini merupakan seorang PNS di Papua.

Boaz tercatat aktif berstatus sebagai PNS sejak lulus dari Universitas Cenderawasih pada 2013 di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua.

Bagi Boaz sendiri, bekerja sebagai PNS tak terlalu asing karena ia besar di lingkungan yang bekerja sebagai PNS.

2. Ricardo Salampessy

Kali ini mantan kolega Boaz di Persipura, Ricardo Salampessy, juga ternyata menyandang status sebagai PNS. Pemain yang dikenal punya tendangan bebas akurat ini merupakan PNS di Pemkot Jayapura sesuai bidang yang ia geluti, Dinas Pemuda dan Olahraga.

Pekerjaan sebagai PNS tersebut tentunya menjadi tabungan setelah pensiun dari dunia sepak bola.

Meskipun begitu, ia mengaku masih menomorsatukan sepak bola dan Persipura.

3. Zaenal Arif 

Mantan bomber Persib Bandung dan Timnas Indonesia ini beralih menjadi PNS setelah memutuskan tak lagi aktif sebagai pesepak bola profesional.

Zaenal Arif bertugas di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung.

Zaenal Arif bahkan sempat dipilih sebagai duta pajak Kota Bandung pada 2016 yang membuatnya harus bekerja hingga larut malam.

4. Ilham Jaya Kusuma

Mantan kompatriot Zaenal Arif di Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, juga memilih menjadi seorang PNS setelah gantung sepatu.

Top scorer Piala Tiger 2004 itu bertugas di Dinas Cipta Karya.

Meski bertugas sebagai PNS, Ilham tetap menunjukkan minatnya pada sepak bola dengan sempat menjadi asisten pelatih dari tim yang

pernah ia bela, Persita Tangerang.

5. Okto Maniani

Okto yang menarik perhatian di Piala AFF 2010 itu sudah bertatus sebagai PNS sejak 2016.

Okto Maniani yang kala itu menjadi pemain Persiba Balikpapan harus keluar karena diterima menjadi pelayan negara di wilayah Raja Ampat, Papua.

Meski begitu, Okto tak meninggalkan dunia sepak bola sepenuhnya karena sejak diangkat sebagai PNS, Okto sempat bermain untuk beberapa tim seperti Maudra United, Perserang Serang, dan Persewar Waropen. (*)

Artikel ini telah tayang di suara.com dengan judul '5 Pesepak Bola Indonesia yang Jadi PNS, Ada Boaz Solossa' https://www.suara.com/bola/2021/07/19/091943/5-pesepak-bola-indonesia-yang-jadi-pns-ada-boaz-solossa?page=2


Artikel Terkait