Melintas di jalan beraspal memang lebih baik dibandingkan yang terbuat dari beton. Mulai dari kenyamanan, kebisingan, visibilitas dan juga dari traksi ban. Tetapi, hal itu tidak sepenuhnya berlaku dalam kondisi cuaca tertentu.

Berikut Ini Tips Melintas di Jalan Aspal saat Kondisi Cuaca Panas

ANALITIK.ID- Melintas di jalan beraspal memang lebih baik dibandingkan yang terbuat dari beton. Mulai dari kenyamanan, kebisingan, visibilitas dan juga dari traksi ban. Tetapi, hal itu tidak sepenuhnya berlaku dalam kondisi cuaca tertentu. 

Seperti saat kondisi aspal begitu panas sehingga memunculkan fatamorgana atau seperti uap. Dalam kondisi tersebut jalan aspal yang sangat halus dinilai justru belum tentu sebaik jalan yang terbuat dari beton. 

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menjelaskan, pada saat tertentu aspal tidak selalu lebih baik dari jalan beton. 

“Belum tentu (lebih bagus) juga, kalau aspalnya halus sekali kan ada permukaan aspal sampai mulus. Kalau lagi cuaca terik sekali kelihatan seperti tergenang air atau biasa dibilang fatamorgana,” ujar Zulpata kepada Kompas.com Minggu (26/1/2020).

Dalam kondisi seperti itu, Zulpata melanjutkan, dibanding dengan jalan yang terbuat dari beton jalan aspal belum tentu lebih baik. 

“Aspal yang kondisinya terlalu panas juga bisa mengurangi traksi pada ban juga,” tuturnya. Selama ini jalan yang terbuat dari beton umumnya pada permukaan beton ada teksturnya. 

Tekstur tersebut dengan beberapa bentuk ada yang bentuknya melintas maupun lurus. “Tekstur yang seperti melintang atau yang lurus, mempunyai fungsi selain untuk buangan air juga untuk keperluan traksi ban juga,” ucapnya. 

Zulpata menyarankan, agar saat berkendara di jalan beraspal dan kondisi cuaca sangat terik sebaiknya beristirahat yang cukup. Selain istirahat untuk sopirnya juga buat ban dan juga mesin mobil. 

“Kalau terlalu panas untuk itu kalau jalan jauh di bawah terik matahari sebaiknya diusahakan istirahat yg cukup. Istirahat buat ban dan kendaraan juga buat pengemudinya,” kata Zulpata. 

Dengan melakukan istirahat yang cukup maka kondisi ban juga akan kembali lebih dingin. Sehingga, traksi saat melintas di jalan beraspal juga akan lebih baik dibandingkan saat ban sudah terlalu panas. (*)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Melintas di Jalan Aspal saat Kondisi Cuaca Panas", https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/26/173400115/tips-melintas-di-jalan-aspal-saat-kondisi-cuaca-panas.


Artikel Terkait