Google mengumumkan komitmen senilai US$11 juta atau sekitar Rp155,1 miliar untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di Indonesia.

Bantu UMKM dan Ekonomi RI, Google Investasikan Dana Sebesar Rp155 Miliar

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang Google investasikan dana sebesar Rp155 miliar untuk bantu UMKM dan Ekonomi RI.

Google mengumumkan komitmen senilai US$11 juta atau sekitar Rp155,1 miliar untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di Indonesia.

Dana Rp155,1 miliar itu terbagi menjadi pinjaman modal sebesar US$10 juta atau sekitar Rp141 miliar dan dana hibah US$1 juta atau sekitar Rp14,1 miliar.

Pinjaman modal sebesar US$10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah

"Google menyediakan US$10 juta dalam bentuk pinjaman modal untuk membantu pemilik UKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit ini," kata Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf dalam acara Google for Indonesia 2020, Rabu (18/11).

Randy menyatakan melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19.

Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyambut baik bantuan dari Google untuk UMKM. Ia menekankan pentingnya mendukung jutaan UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

"Kami menyambut baik dan sampaikan apresiasi kepada Google yang selama ini telah mendukung pemerintah dalam melaksanakan dua agenda tersebut, khususnya dengan pelatihan digital dan bantuan pembiayaan berbunga rendah senilai 10 juta dolar kepada UMKM," kata Airlangga.

Airlangga juga menjelaskan berharap  dengan inisiatif Google tersebut, UMKM dan tenaga kerja produktif Indonesia dapat terbantu untuk terus beraktivitas di tengah pandemi global.

"Kita berharap bahwa dengan kegiatan-kegiatan tersebut kita mampu merealisasikan potensi ekonomi digital Indonesia sebesar US$124 miliar di tahun 2025," tambah Airlangga.

Lengan filantropi Google, Google.org, juga akan menghibahkan US$1 juta kepada Yayasan Plan International Indonesia untuk mengatasi pengangguran anak muda di Indonesia.

Plan International akan bekerja sama dengan The ASEAN Foundation untuk meluncurkan "Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment'.

Program ini merupakan sebuah percobaan yang memberikan pelatihan keterampilan dan bantuan mencari pekerjaan yang akan membantu meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan.

Program dua tahun ini bertujuan untuk menjangkau 5.200 anak muda, yang hampir separuhnya adalah perempuan. Sejak 2015, program Grow with Google telah melatih lebih dari 1,7 juta pemilik UMKM, termasuk 200 ribu selama Covid-19.

"Kami ingin membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonominya melalui program pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama pemerintah, industri, dan organisasi masyarakat sipil," jelas Randy. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Google Guyur Rp155 Miliar Bantu UMKM dan Ekonomi RI", https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201118133248-185-571327/google-guyur-rp155-miliar-bantu-umkm-dan-ekonomi-ri


Artikel Terkait