Pada Rabu (19/1/2022), Wali Kota Samarinda Andi Harun bertandang ke kediaman Wakil Presiden RI Maruf Amin.

Bahas ASPEKSINDO, Wali Kota Andi Harun Bertemu Wakil Presiden RI Maruf Amin

ANALITIK.CO.ID – Pada Rabu (19/1/2022), Wali Kota Samarinda Andi Harun bertandang ke kediaman Wakil Presiden RI Maruf Amin.

Kedatangan Andi Harun ke kediaman Maruf Amin di Jalan Diponegoro, Menteng Jakarta Pusat itu dilakukan untuk pembahasan beberapa hal.

Salah satunya adalah perihal pelantikan dan rapat kerja nasional pengurus Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO).

Sebagai informasi, pelantikan dan rapat kerja pengurus ASPEKSINDO itu akan dilakukan pada pada 24 – 27 Februari 2022 mendatang.

Informasi yang dihimpun tim redaksi, audiensi antara Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wapres Maruf Amin itu adalah untuk melaporkan hasil-hasil Munas II ASPEKSINDO dan konsultasi terkait penyelenggaraan Pelantikan dan Rapat Kerja Nasional.

Selain itu juga untuk merumuskan Indonesia sebagai Archipelagic State (negara kepulauan) terbesar di dunia.

“Termasuk mendesain arah kebijakan pembangunan berbasis kepulauan dan pesisir menuju kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan berkemajuan,” demikian seperti tertulis dalam undangan audiensi yang diterima tim redaksi.

Pertemuan antara Andi Harun dan Maruf Amin itu dilakukan pada siang hari sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebelumnya pada pukul 10.00 WIB, lebih dahulu digelar pertemuan antara Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Wakapolri.

Pertemuan itu dilakukan di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sebagai informasi, Aspeksindo adalah organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri.

Aspeksindo didirikan pada tanggal 10 Agustus 2017 bersamaan dengan hari kebangkitan teknologi nasional (HAKTEKNAS) dalam forum Kongres Nasional Maritim (Konasmi) yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI).

Aspeksindo dibentuk atas dasar hasil kesepakatan yang dideklarasikan oleh para Kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati) Kepulauan dan pesisir seluruh Indonesia atau wakil masing-masing Pemerintah Daerah secara konstitusional dan demokratis.

Saat ini, Ketua DPP Aspeksindo dijabat oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Ia terpilih berdasarkan aklamasi dalam Munas II yang digelar di Bangka Belitung baru-baru ini. (*)


Artikel Terkait