Terkadang, melepas kepergian seseorang yang meninggal dunia terkendala oleh jarak yang terlampau jauh. Namun, keluarga, kerabat, atau umat Muslim lainnya dapat mengirimkan doa jarak jauh dengan salat gaib. Berikut tata cara salat gaib.

Bacaan Niat dan Tata Cara Salat Gaib

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang bacaan niat dan tata cara salat gaib.

Terkadang, melepas kepergian seseorang yang meninggal dunia terkendala oleh jarak yang terlampau jauh. Namun, keluarga, kerabat, atau umat Muslim lainnya dapat mengirimkan doa jarak jauh dengan salat gaib. Berikut tata cara salat gaib.

Indonesia tengah berduka atas kepergian seluruh awak kapal KRI Nanggala 402 yang gugur usai kapal selam tersebut dinyatakan tenggelam di perairan Bali, Minggu (25/4).

Untuk menyampaikan doa, umat Islam diajak untuk menggelar salat gaib bagi seluruh awak kapal KRI Nanggala 402. Sebagaimana salah satunya diimbau oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

"Mari kita lakukan salat gaib untuk mendoakan para pejuang bangsa. Semoga mereka mendapat ampunan dan rahmat dari Allah SWT," ujar Yaqut, Minggu (25/4).

Salat gaib sendiri merupakan salat yang dilakukan untuk mendoakan jenazah yang jauh dengan hukum fardu kifayah. Fardu kifayah berarti wajib dilakukan, jika belum dilakukan oleh Muslim yang lain. Jika sudah dilakukan oleh Muslim lain, maka kewajibannya jadi gugur dan menjadi sunah.

Tata cara salat gaib kurang lebih sama dengan salat jenazah. Perbedaan hanya terletak pada niat dan keberadaan jenazah. Salat gaib dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik sendiri ataupun berjemaah.

Salat gaib dilakukan dengan berdiri, empat kali takbir, dan diakhiri dengan salah.

Berikut tata caranya.

1. Niat

Niat boleh dibaca di dalam hati atau dilafalkan dengan bahasa Arab maupun Indonesia.

Berikut bacaan niat salat gaib:

أصلى على ميت (فلان) الغائب اربع تكبيرات فرض الكفاية لله تعالى

Artinya:

"Saya niat salat gaib atas jenazah [nama jenazah] empat kali takbir fardu kifayah karena Allah ta'ala."

2. Berdiri jika mampu

3. Takbir pertama

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Takbir kedua

6. Membaca selawat nabi

7. Takbir ketiga

8. Membaca doa untuk jenazah

9. Takbir keempat

10. Membaca doa untuk keluarga yang ditinggalkan

11. Salam

Tata cara salat gaib bisa diakhiri dengan membaca doa salat gaib. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Tata Cara Salat Gaib dan Bacaan Niat", https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210426141106-284-634855/tata-cara-salat-gaib-dan-bacaan-niat


Artikel Terkait