Pengembangan ekonomi kreatif (Parekraf) di Kalimantan Timur mendapatkan dukungan penuh dari Wali Kota Samarinda, Andi Harun dalam kesempatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Pariwisata yang digelar di Hotel Harris pada Senin (14/3/2022).

Wali Kota Andi Harun Ajak Peserta Rakornis Berkolaborasi Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan di Kaltim

ANALITIK.CO.ID - Pengembangan ekonomi kreatif (Parekraf) di Kalimantan Timur mendapatkan dukungan penuh dari Wali Kota Samarinda, Andi Harun dalam kesempatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Pariwisata yang digelar di Hotel Harris pada Senin (14/3/2022).

Sebagai tuan rumah pelaksanaan rakornis itu, Andi Harun menyampaikan bahwa provinsi berjuluk Benua Etam ini kaya akan potensi keindahan alam yang mampu menarik banyak wisatawan. Termasuk keragaman budaya dan daya tarik parekraf dengan nilai jual tinggi. 

"Dan sebagai salah satu kota penyangga ibu kota negara, Samarinda sudah memiliki nilai jual akan meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim, yakni tentang letak strategi Sungai Mahakam," papar Andi Harun.

Selain itu ditambahkannya pula, bahwa keseriusan pemerintah pusat membangun IKN Nusantara harus disikapi dengan matang di semua bidang, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Kendati memiliki segudang potensi pertumbuhan ekonomi kreatif, Andi Harun tak lupa mengakui bahwa hantaman pandemi Covid-19 saat ini terus melemahkan banyak sektor perekonomian. 

Oleh sebab itu, orang nomor satu di Kota Tepian ini mengajak seluruh peserta rakornis untuk memanfaatkan pertemuan tersebut dalam kesepahaman smart city dan smart tourism.

"Ke depan, sektor wisata akan menjadi salah satu andalan Kaltim. Karena, langsung dapat dirasakan oleh masayarakat pelaku wisata dan menstimulus kebangkitan ekonomi kreatif," sebutnya.

Dengan demikian, pembinaan terhadap para pelaku wisata di daerah juga diharap Andi Harun benar-benar menjadi perhatian setiap dinas pariwisata di daerah.

"Masyarakat setempat perlu pendampingan guna bisa membaca potensi terbaik," tegasnya.

Andi Harun juga menyampaikan optimistisnya kalau seluruh kabupaten kota se-Kaltim yang mampu bersinergi akan menciptakan kebangkitan ekonomi di sektor pariwisata. 

"Ini akan menjadi pendorong perekonomian yang krusial dan signifikan," sambungnya.

Dengan demikian, Andi Harun mengharapkan agar setiap pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat berkolaborasi dan berkomitmen untuk peningkatan sektor parekraf. 

"Mudah-mudahan melalui Rakornis ini, road map kepariwisataan Kaltim lebih dipertajam sesuai dengan amanat yang disampaikan ibu kadis pariwisata Kaltim menjadi identitas kepariwisataan di masing-masing kabupaten kota, sehingga keunikan 10 kabupaten kota yang jelas dan tergambar," tandasnya. 

Sementara itu, Rakornis Parekraf dengan tema Membangun Ekonomi Kreatif Memperkuat Sektor Pariwisata Kaltim sebagai Mitra IKN, dibuka Staf Ahli Gubernur Kaltim, Bidang Reformasi, Birokrasi dan Keuangan Daerah Muhammad Kurniawan, mewakili Gubernur Kaltim yang ditandai dengan pemukulan Jimbe. 

Dalam sambutannya Muhammad Kurniawan mengatakan Kaltim merupakan salah satu provinsi di Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Potensi pariwisata itu menurut dia, merata ada di sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim.

"Melihat potensi yang kita miliki ini, harus bekerja keras, bersinergi dan tentu saja untuk membangunnya agar potensi yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat maupun meningkatkan disektor PAD," kata Muhamad Kurniawan. 

(Advertorial)


Artikel Terkait