Basuki Tjahja Purnama atau Ahok tengah diselimuti perasaan bahagia. Sebab, anak pertamanya dari Puput Nastiti Devi lahir pada Senin (6/1) kemarin. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Skin to Skin Perdana Ahok dengan sang Putra, Yosafat Abimanyu Purnama

ANALITIK.ID- Basuki Tjahja Purnama atau Ahok tengah diselimuti perasaan bahagia. Sebab, anak pertamanya dari Puput Nastiti Devi lahir pada Senin (6/1) kemarin. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Setelah kelahiran putranya, Ahok langsung melakukan skin to skin contact. Ahok meletakkan sang bayi tepat di dadanya.

"Selamat @basuki_btp atas kelahiran Yosafat Abimanyu Purnama. Semoga sehat dan menjadi berkah untuk banyak orang," seperti yang diunggah akun Twitter @lmadya.

Dilansir HaiBunda, skin to skin contact memiliki banyak manfaat bagi seorang ibu dan bayi. Di antaranya dapat membantu bayi menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim dan sangat penting untuk mendukung ibu untuk memulai menyusui.

Skin to skin contact juga bisa membuat bayi dan ibu jadi lebih tenang dan relaks, serta membantu mengatur detak jantung dan napas bayi. Dengan skin to skin pencernaan serta nafsu makan bayi juga nantinya akan lebih baik.

Akan tetapi, skin to skin contact tak hanya untuk ibu dan bayi saja. Hal tersebut juga bisa dilakukan oleh sang ayah, seperti yang dilakukan Ahok.

"Bagi ayah, waktu yang dihabiskan bersama dan merawat bayi membantu proses ikatan," kata Bergman, dilansir Bellybelly.

Saat ayah melakukan skin to skin dengan bayi mereka, akan terjadi peningkatan hormon dopamin. Dopamin bertanggung jawab atas banyak hal termasuk kesenangan atau kebahagiaan.

"Peningkatan dopamin ditambah pelepasan oksitosin berarti otak ayah menciptakan hubungan positif dengan interaksi yang erat dengan bayi," kata Bergman.

Skin to skin juga membantu insting pengasuhan alami ayah yang merupakan bagian penting dalam pengasuhan anak sejak dini. Hal ini pastinya akan berguna untuk hubungan biologis positif antara ayah dengan bayi. (*)


Artikel ini telah tayang di Insertlive dengan judul "Ahok Skin to Skin dengan Sang Bayi, Yosafat Abimanyu Purnama" 

https://www.insertlive.com/hot-gossip/20200107095408-7-75349/ahok-skin-to-skin-dengan-sang-bayi-yosafat-abimanyu-purnama

Anaknya dengan Puput Nastiti Devi Telah Lahir, Ahok Sudah Siapkan Nama untuk Sang Putra Sejak Lama


Artikel Terkait