Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di Kastil Windsor usai sebelumnya sempat dirawat di rumah.

Pangeran Philip Tak Dapat Gelar Raja, Ternyata Ini Alasannya

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang alasan Pangeran Philip tak dapat gelar raja.

Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di Kastil Windsor usai sebelumnya sempat dirawat di rumah.

Selepas kepergian Pangeran Philip, kini banyak publik yang bertanya-tanya mengapa ia tak dapat gelar Raja meski menikah dengan Ratu Elizabeth II?

Lantas, apakah alasannya?

Hal itu berkaitan dengan tradisi yang berasal dari era Victoria. Sepanjang sejarah Inggris, suami dari seorang Ratu memang tiak pernah menyandang gelar Raja.

Menurut konvensi Kerajaan, Pasangan dari raja atau ratu yang berkuasa dikenal sebagai permaisuri. Oleh karena itu, suami Ratu hanya dapat menyandang gelar Permaisuri Pangeran, bukan Permaisuri Raja.

Sejarah ini telah terjadi sejak pemerintahan Victoria ketika dia menciptakan gear Permaisuri Pangeran untuk sang suami, Albert.

Pada 1957, Ratu membuat keputusan untuk menjadikan Philip sebagai Pangeran Kerajaan Inggris, selain Duke of Edinburgh. Sejak saat itu ia sering disebut sebagai Pangeran Philip serta Duke of Edinburgh. (*)

Artikel ini telah tayang di insertlive.com dengan judul "Ini Alasan Pangeran Philip Tak Dapat Gelar Raja", https://www.insertlive.com/hot-gossip/20210413074446-7-205181/ini-alasan-pangeran-philip-tak-dapat-gelar-raja


Artikel Terkait