Agar pasar kamera tidak tergerus, produsen kamera terpaksa harus putar otak untuk melawan smartphone dengan menghadirkan produk-produk yang lebih canggih.

Kalah Saing dengan Smartphone, Pasar Kamera Digital menurun

ANALITIK.CO.ID - Berita yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang cara bertahannya produsen kamera digital dari pesaingnya kamera di smartphone.

Gempuran ponsel pintar atau smartphone yang menghadirkan kamera dengan resolusi tinggi dan cenderung lebih murah, membuat penjualan kamera dari tahun ke tahun mengalami penurunan. 

Agar pasar kamera tidak tergerus, produsen kamera terpaksa harus putar otak untuk melawan smartphone dengan menghadirkan produk-produk yang lebih canggih. 

Mengutip Kontan.co.id, Senin (29/6/2020), misalnya yang dilakukan PT Datascrip Indonesia. Distributor tunggal kamera Canon di Indonesia mencatat adanya penurunan permintaan di pasar kamera sebesar 50 persen di kuartal I 2020.

Sintra Wong, Assistent Director Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip bilang, meskipun penjualan turun pihaknya optimis pasar kamera digital masih menjanjikan, mengingat berbagai kebutuhan khusus dalam fotografi masih belum bisa dipenuhi oleh kamera ponsel. 

"Seperti fotografi aksi kecepatan tinggi, pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya, ataupun jarak pengambilan foto yang jauh," katanya kepada KONTAN, Jumat (26/6).

Nah, untuk bertahan dari gempuran kamera smartphone yang canggih dan lebih murah itu, Canon berkonsentrasi melahirkan produk berteknologi tinggi, yang tidak dapat dilakukan kamera smartphone.

 Canon akan berkonsentrasi untuk menghadirkan produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pengambilan foto dan video berkualitas tinggi dalam berbagai kondisi pemotretan. 

"Yang tidak dapat dilakukan dengan kamera ponsel," tandasnya. 

Tahun lalu, Datascrip mencatat semua kategori mengalami penurunan penjualan, termasuk kategori kamera mirrorless. 

Penurunan total pasar kamera digital tahun 2019 turun sekitar 25 persen dibandingkan 2018. Di mana, Datascript membidik target penjualan kamera mirorless Canon sebesar 40 persen dari total penjualan atau di kisaran angka 48.000 unit. 

Sedangkan saat ini, penjualan Canon sebagian besar masih didominasi oleh penjualan kamera DSLR.

Camera & Imaging Products Association (CIPA) mencatat, sejak tahun 2010 penjualan kamera digital terus menurun. 

Turunnya penjualan kamera digital disebabkan oleh banyaknya smartphone dengan kamera yang cukup canggih dan memberikan banyak fitur seperti kamera digital pada umumnya. Apalagi harga telepon selular pintar tak berbeda jauh dengan harga kamera digital. (*)



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tergerus Ponsel, Bagaimana Produsen Kamera Digital Bertahan?", 

https://money.kompas.com/read/2020/06/29/142550626/tergerus-ponsel-bagaimana-produsen-kamera-digital-bertahan?page=all#page2


Artikel Terkait