Harga Batu Bara Anjlok, Terendah Sejak Mei 2020

ANALITIK.CO.ID – Berita Mancanegara yang dirangkum ANALITIK.CO.ID tentang harga batu baru yang saat ini anjlok.

Harga batu bara kembali mengalami perubahan.

Hari ini harga batu bara berada di level terendah sejak Mei 2020.

Kemarin (16/6/2020), harga batu bara acuan Newcastle untuk kontrak yang ramai diperdagangkan melemah 1,4% ke US$ 52,85/ton. Ini menjadi level terendah sejak 7 Mei 2020.

Semalam penjualan ritel Amerika Serikat (AS) bulan Mei tercatat naik 17,7% dibanding bulan April. Angka ini juga lebih tinggi dari perkiraan sebesar 7,7%. Meski ada tanda-tanda ekonomi akan bangkit, harga-harga komoditas seperti batu bara memang masih rawan terkoreksi.

Ketidakpastian seputar perkembangan pandemi corona masih meliputi pasar. Dalam beberapa hari terakhir AS dan China kembali melaporkan adanya lonjakan kasus baru. Di China, lebih dari 100 kasus baru dilaporkan dalam lima hari terakhir di Beijing.

Lonjakan kasus ini membuat pemerintah memutuskan untuk menutup sekolah dan menghimbau masyarakatnya untuk tidak bepergian ke luar kota jika tidak dalam keadaan mendesak.

Di sisi lain China juga sudah mulai membatasi impor batu baranya. Mengacu pada data Refinitiv Coal Flow, impor batu bara China bulan Mei lalu anjlok 20% (yoy). Impor batu bara China bulan Juli diperkirakan bisa anjlok hingga 25% (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Bea Cukai China dilaporkan sudah mulai membatasi kuota impor batu bara lintas laut (seaborne). Meski ekonomi China mulai dipacu lagi dan kebutuhan batu bara mulai meningkat langkah pembatasan impor diambil untuk mendorong permintaan terhadap batu bara domestik.  

Beralih ke Indonesia sebagai salah satu negara eksportir batu bara selain Australia, total volume ekspor pada 5 bulan pertama tahun ini tercatat mencapai 175,15 juta ton. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan ekspor batu bara RI tahun ini mencapai 435 juta ton, lebih rendah dibanding tahun lalu sebesar 458,8 juta ton.

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul “Apes! Harga Batu Bara Ambles Lagi, Ini Penyebabnya” https://www.cnbcindonesia.com/market/20200617090227-17-165928/apes-harga-batu-bara-ambles-lagi-ini-penyebabnya


Artikel Terkait