Pangeran Philip dimakamkan di Royal Vault Kastil Windsor pada hari ini. Ratu Elizabeth II pun tampak hadir di pemakaman dan duduk sendirian di dekat mendiang suaminya.

Alasan Ratu Elizabeth II Duduk Sendiri di Pemakaman Sang Suami

ANALITIK.CO.ID - Berita Mancanegara yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang alasan Ratu Elizabeth II duduk sendiri di pemakaman sang suami.

Pangeran Philip dimakamkan di Royal Vault Kastil Windsor pada hari ini. Ratu Elizabeth II pun tampak hadir di pemakaman dan duduk sendirian di dekat mendiang suaminya. 

Apa alasan Ratu Elizabeth duduk sendirian?

Seperti dilansir CNN.com, Minggu (17/4/2021), Ratu Elizabeth II memang dilaporkan duduk sendirian ketika prosesi pemakaman berlangsung di kapel St George. Ternyata alasan Ratu Elizabeth lantaran keluarga kerajaan sangat mematuhi peraturan COVID-19 Inggris selama pemakaman Pangeran Philip.

Atas dasar itulah, Ratu Elizabeth II pun akhirnya duduk sendiri selama upacara kebaktian demi mematuhi pembatasan sosial. Aturan ini pun berlaku bagi 30 tamu lainnya yang hadir melayat Pangeran Philip.

Semua tamu yang bukan satu anggota rumah tangga harus duduk dengan jarak sekitar 2 meter. Kini, setelah prosesi kebaktian selama hampir 50 menit, jenazah Pangeran Philip pun sudah dimakamkan di Royal Vault, Kastil Windsor.

Ratu Elizabeth II yang hadir dalam pemakaman tersebut pun sempat mengucapkan salam perpisahan terakhir kepada mendiang suaminya, Pangeran Philip. Suasana haru terasa ketika Ratu Elizabeth yang mengenakan pakaian hitam berkabung, dengan masker wajah hitam berpotongan putih mengucapkan salam terakhirnya.

Seperti diketahui, kematian Pangeran Philip, digambarkan oleh keluarga kerajaan seperti meninggalkan 'kekosongan besar' dalam kehidupan Elizabeth. Kematian juga disebut telah merampas pria yang disebut oleh Elizabeth sebagai sosok yang menunjukan 'kekuatan dan bertahan'.

Pemakaman terakhir yang pernah terjadi bagi seorang bangsawan kerajaan Inggris adalah ibunda Ratu Elizabeth II yang meninggal pada tahun 2002 dalam usia 101 tahun. Tetapi berbeda dengan saat ini, ketika itu lebih dari satu juta orang memadati di luar Westminster Abbey di pusat kota London untuk menonton pawai yang suram.

Kabar meninggalnya Pangeran Philip sebelumnya disampaikan langsung oleh istrinya, Ratu Elizabeth II. Pangeran Philip disebut meninggal di usianya yang ke 99 tahun.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor. Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya Keluarga Kerajaan bergabung dengan orang-orang di seluruh dunia untuk berduka atas kehilangannya," kata pihak Istana Buckingham. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Ratu Elizabeth II Duduk Sendirian saat Pemakaman Pangeran Philip, Kenapa?", https://news.detik.com/internasional/d-5536548/ratu-elizabeth-ii-duduk-sendirian-saat-pemakaman-pangeran-philip-kenapa


Artikel Terkait