Dinilai Belum Berikan PAD yang Signifikan, Komisi II DPRD Samarinda Sebut Perumda Varia Niaga Perlu Badan Pengawasan

ANALITIK.CO.ID - Anggotan Komisi II DPRD Samarinda, Novi Marinda Putri mengatakan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga yang merupakan perusahaan daerah milik pemkot Samarinda sangat perlu badan pengawasan.

Tujuannya, agar ada fungsi pengawasan untuk memberikan arahan dan nasehat kepada pihak yang menjalankan Perumda tersebut.

Diketahui Pemkot Samarinda sendiri telah melakukan penjaringan administrasi bakal calon Anggota Dewan Pengawas Perumda Varia Niaga.

Hasilnya terdapat 2 perwakilan dari unsur pejabat dan 34 perwakilan dari unsur independen. Selanjutnya akan ada uji kelayakan dan kepatutan pada tahapan seleksi psikotes.

Novi mengatakan, perumda itu tujuannya untuk meningkatkan pertumbahan ekonomi masyarakat.

Namun menurut dia hingga saat ini belum ada yang bisa dirasakan sebagai sumbangsih kepada PAD dari Perumda.

“Adanya perumda itu tujuannya untuk meningkatkan pertumbahan ekonomi masyarakat, tetapi sampai saat ini belum ada yang bisa dirasakan sebagai sumbangsih kepada PAD (pendapatan asli daerah-red) kita,” kata Novi.

Novi juga mengungkapkan, dalam proses seleksi itu, idealnya bisa melibatkan semua pihak yang berhubungan Varia Niaga. Satu diantaranya ialah dari Komisi II DPRD Samarinda karena sebagai mitra kerja.

“Kalau bisa semua pihak terlibat, termasuk Komisi II DPRD Kota Samarinda. Sehingga dapat dilakukan secara terbuka, independen dan kami juga terlibat dalam prosesnya,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pengawas ini, Varia Niaga bisa memaksimalkan kinerjanya dan dapat memberikan sumbangsih PAD untuk Kota Samarinda.

“Karena sampai hari ini mereka belum ada memberikan masukan yang nyata untuk peningkatan PAD Samarinda dan tidak sebanding dengan berbagai unit usaha yang dilakukan,” ujarnya.

(Advertorial)