Rabu (10/8/2022) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, gelar pembagian bendara merah putih kepada pengguna jalan di Samarinda.

Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Pemprov Kaltim Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih di Samarinda

ANALITIK.CO.ID, SAMARINDA - Rabu (10/8/2022) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, gelar pembagian bendara merah putih kepada pengguna jalan di Samarinda.

Agenda itu dalam rangka gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih dari Kementerian Dalam Negeri.

"Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ke masyarakat untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia dan Kalimantan Timur," kata Sufian Agus, Kepala Kesbangpol Kaltim, Rabu (10/8/2022).

Selain Pemprov Kaltim, gerakan pembagian bendera merah putih juga dilakukan di 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Sufian Agus menjelaskan belum diketahui berapa total bendera yang telah dibagian di Kaltim.

Nantinya usai dihimpun, data jumlah bendera yang dibagikan akan disampaikan ke Mendagri.

"Jumlah bendera yang dibagikan belum kita himpun, walaupun demikian sumbangan dari OPD kurang lebih seribu bendera, termasuk pembagian dari kabupaten dan kota juga belum kita himpun," paparnya.

Pembagian 10 juta bendera merah putih digelar dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022.

Hadi Mulyadi, Wakil Gubernur Kaltim, bersama Forkopimda membagikan bendera merah putih berbagai ukuran di Jalan Gajah Mada di depan Kantor Gubernur Kaltim, kepada pelajar, mahasiswa serta pengendara motor maupun mobil.

“Bendera Merah Putih simbol nasionalisme yang akarnya persatuan dan kesatuan bangsa. Pembagian bendera ini mengingatkan kepada kita semua, pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," tegasnya.

"Perbedaan agama dan suku, pemikiran serta perbedaan latar belakang tidak boleh membuat negara kita terpecah. Karena kita hanya bisa membangun kalau kita tetap bersatu dan NKRI harga mati,” imbuhnya. (*)


Artikel Terkait