Sebuah posting mengenai cara menggunakan Google Docs untuk Anda yang malas mengetik viral dan jadi perbincangan di media sosial Twitter.

Viral Google Docs Bagi Anda yang Malas, Solusi Menulis Tanpa 'Ngetik', Ini Caranya...

ANALITIK.ID- Sebuah posting mengenai cara menggunakan Google Docs untuk Anda yang malas mengetik viral dan jadi perbincangan di media sosial Twitter.

Posting tersebut pertama kali diunggah oleh akun @collegemenfes 

Dalam posting-nya, ia menyertakan narasi : “[Cm] ini ga ngadi ngadi dan bisa di cobiii untuk kalyan para mahasiswah,” tulisnya sembari melampirkan video yang menunjukkan bagaimana menggunakan Google Docs agar menulis tak repot mengetik.

Sampai dengan hari ini, posting tersebut telah mendapatkan like lebih dari 21.000 akun dan dibagikan ulang lebih dari 8.000 kali. 

Menggunakan Google Docs Lantas bagaimana menggunakan Google docs sebagai solusi agar Anda bisa menulis tanpa harus mengetik? Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur perekam suara yang ada pada Google Docs. 

Berikut ini langkah-langkah menggunakan Google Doc untuk merekam suara agar Anda tak perlu mengetik berdasarkan percobaan Kompas.com: 

-Login terlebih dahulu ke dalam akun Gmail Anda. 

-Selanjutnya buka situs Google Docs di http://docs.google.com. 

-Setelah itu masuk ke halaman awal Google Docs dan pilih Resume. Hapus keseluruhan isi resume. 

-Klik alat lalu dikte apabila Anda menggunakan Bahasa Indonesia. Sementara pilih tools lalu voice typing apabila Anda menggunakan bahasa Inggris. 

-Klik tombol “klik untuk berbicara” bergambar microphone. 

-Selanjutnya Anda hanya tinggal bicara tentang apa yang ingin Anda tulis. c

Mengenal Google Docs

Google Doc atau Google Documen melalui laman resminya diterjemahkan sebagai pengolah kata online. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna membuat dan memformat dokumen serta berkolaborasi dengan orang lain. 

Google Document tersedia dalam dua pilihan produk, yakni pribadi dan bisnis. 

“Google Dokumen membuat dokumen Anda menjadi lebih hidup dengan alat pengeditan dan penataan gaya yang cerdas. Alat ini dapat membantu memformat teks dan paragraf dengan mudah. Pilih dari ratusan font, tambahkan tautan, gambar, dan tabel. Semuanya gratis,” tulis Google dalam keterangan situs webnya. 

Dengan menggunakan Google Docs, pengguna bisa membuat tulisan dari mana saja dan kapan saja. Selain fasilitas voice typing seperti di atas, beberapa kelebihan menggunakan Google Docs yang lain di antaranya adalah: 

-Bisa bekerja bersama-sama dengan orang lain 

-Tak perlu menekan simpan karena tulisan tersimpan otomatis 

-Kompatibel dengan Word Bisa melakukan penelusuran langsung dari dokumen 

-Dilengkapi dengan add on untuk membuat label dan tag nama (*)


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Google Docs, Solusi Menulis Tanpa 'Ngetik', Ini Caranya... ", https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/20/062400765/viral-google-docs-solusi-menulis-tanpa-ngetik-ini-caranya.

Menulis Suara Menggunakan Goggle Docs


Artikel Terkait