Urbanisasi seharusnya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka kesenjangan dan mengentaskasn kemiskinan. Namun nyatanya kontribusi urbanisasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih rendah.

Urbanisasi Rendah, Perlu Peningkatan Infrastruktur dan Kebutuhan Dasar

ANALITIK.ID | Urbanisasi seharusnya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka kesenjangan dan mengentaskan kemiskinan. Namun nyatanya kontribusi urbanisasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih rendah. 

Berdasarkan data Bank Dunia (World Bank), setiap ada 1 persen peningkatan urbanisasi hanya menyumbangkan 1,4 persen PDB per kapita. Angka ini lebih kecil dibandingkan beberapa negara lain.

"Jadi Indonesia masih tertinggal," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro ketika memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (3/10/2019). 

Di wilayah Asia Timur dan Asia Pasifik, ucap Bambang, kontribusi urbanisasi terhadap PDB sebesar 2,7 persen. Sedangkan di China, setiap terjadi peningkatan urbanisasi sebesar 1 persen, memberikan sumbangan terhadap PDB per kapita sebesar 3 persen. 

Bambang mengatakan, karena kontribusi pertumbuhan urbanisasi terhadap PDB per kapita masih berada di bawah rata-rata negara lain, Indonesia harus mencari cara yang mampu mengatasi masalah tersebut. 

Menurut dia, pembangunan infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat menjadi kunci solusi dari permasalahan tersebut. "Kita yakin meningkatkan infrastruktur dan kebutuhan dasar menjadi penting di urban area," ujar dia. 

Bambang menekankan, menjadi penting bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dengan membentuk sebuah wilayah urban yang inklusif. Sehingga, setiap elemen masyarakat bisa memiliki akses yang sama terhadap fasilitas umum. 

Pasalnya, menurut dia, pemerintah daerah kurang memberi perhatian terhadap kualitas hidup karena terlalu fokus mengejar terget pertumbuhan ekonomi, mengurangi angka kemiskinan atau meningkatkan kesejahteraan.

"Kita perlu mendefinisikan ulang mengenai kualitas hidup. Karena itu tidak hanya berarti soal pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan atau mengurangi kemiskinan," jelas Bambang. 

"Meningkatkan kualitas hidup adalah ketika bisa memberikan akses yang sama terhadap setiap masyarakat," ujar dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Urbanisasi di Indonesia, Sebesar Apa Kontribusi Ekonominya?"

https://money.kompas.com/read/2019/10/03/164030626/urbanisasi-di-indonesia-sebesar-apa-kontribusi-ekonominya

Masa depan Indonesia bergantung pada kualitas urbanisasi. Saatnya bertindak (ACT) sekarang


Artikel Terkait