Rohana Kudus adalah perempuan asal Sumatera Barat yang merupakan pionir jurnalis perempuan pertama di Indonesia.

Rohana Kudus, Pionir Jurnalis Perempuan yang Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

ANALITIK.ID - Presiden Joko Widodo memberikan Gelar Pahlawan Nasional kepada Rohana Kudus.

Rohana Kudus adalah perempuan asal Sumatera Barat yang merupakan pionir jurnalis perempuan pertama di Indonesia.

"Bersama ini kami sampaikan usulan yang telah mendapatkan persetujuan untuk dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2019, atas nama almarhumah Rohana Kudus," kata Direktur Pemberdayaan Sosial Kemensos, Pepen Nazaruddin, Kamis (7/11/2019).

Rohana Kudus melalui ahli warisnya akan menerima gelar tersebut di Istana negara pada 8 November 2019.

Undangan untuk ahli warisnya itu disampaikan melalui Surat Menteri Sosial RI nomor: 23/MS/A/09/2019 tanggal 9 september 2019, yang ditandatangani oleh Dirjen Pemberdayaan, Pepen Nazaruddin.

1. Kakak tiri dari Soetan Sjahrir

Rohana Kudus lahir di Kota Gadang, Kabupaten Agam, 20 Desember 1884, dan meninggal di Jakarta, 17 Agustus 1972 pada umur 87 tahun.

Ia merupakan kakak tiri dari Soetan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia pertama dan sepupu KH Agus Salim.

Rohana Kudus tidak mengecap pendidikan formal, namun perempuan berdarah minang tersebut belajar menulis dan membaca dari buku yang dibawakan ayahnya seusai pulang kerja.

Di usia muda, Rohana Kudus menguasai bahasa Belanda, Arab, Latin dan Arab melayu.

2. Mendirikan surat kabar Soenting Melajoe

Rohana Kudus mendirikan surat kabar pada 10 Juli 1912 dan mulai aktif di dunia jurnalistik.

Ia menyusun redaksi surat kabar ini dengan sebagian besar perempuan.

Rohana juga memiliki karya jurnalistik yang tersebar di beberapa surat kabar seperti Saudara Hindia, Suara Koto Gadang, Guntur Bergerak dan lain-lain.

3. Pernah menerima gelar pelopor wartawan Sumbar

Rohana pernah menerima gelar pelopor wartawan perempuan Sumatera Barat dan perintis pers karena jasanya dalam memperjuangkan bangsa melalui dunia jurnalistik.

Kini pada 2019, Rohana Kudus menerima Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2019 yang merupakan hasil pertemuan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden Jokowi.

Selama hidupnya ia menerima penghargaan sebagai Wartawati Pertama Indonesia (1974), Dan diberi penghargaan sebagai Perintis Pers Indonesia pada Hari Pers Nasional ke-3, 9 Februari 1987. (*) 

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan Pertama di Indonesia Ditetapkan Menjadi Pahlawan Nasional, https://style.tribunnews.com/2019/11/07/rohana-kudus-jurnalis-perempuan-pertama-di-indonesia-ditetapkan-menjadi-pahlawan-nasional?page=all.


Artikel Terkait