Pemerintah meminta masyarakat yang sedang menunggu hasil rapid test untuk tidak keluar rumah hingga hasil tes keluar.

Isolasi Mandiri Berlaku saat Tunggu Hasil Rapid Test Keluar

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang isolasi mandiri.

Pemerintah meminta masyarakat yang sedang menunggu hasil rapid test untuk tidak keluar rumah hingga hasil tes keluar. 

Mereka berpotensi sebagai orang tanpa gejala atau OTG.

Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan Rita Rogayah menyebutkan proses isolasi mandiri setelah tes deteksi Covid-19 merupakan bagian dari langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

Jika ada yang merasakan gejala Covid-19 sebaiknya segera ke rumah sakit terdekat. 

Gejala tersebut diantaranya sesak nafas, batuk, serta hilangnya indra perasa dan penciuman.

Rumah sakit akan melakukan rapid test jika gejala itu cenderung mengarah ke Covid-19. 

Namun Rita mengingatkan selama hasil rapid test itu belum keluar, masyarakat diminta tidak keluar rumah.

"Selama hasilnya belum keluar masyarakat menjalankan isolasi mandiri di rumah agar tidak menularkan ke orang lain," ujar dr. Rita Rogayah dalam acara Update Wisma Atlet: Ketersediaan Fasilitas Isolasi Mandiri dan Perkembangan RS Rujukan di 11 Provinsi Prioritas di Media Center #SatgasCovid19 Graha BNPB Jakarta pada Senin (12/10) siang.

Saat menjalankan isolasi mandiri, mantan Direktur Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso Jakarta itu mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M: #pakaimasker, #jagajarak dan #cucitangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Petugas Puskesmas setempat akan melakukan penjemputan kepada masyarakat jika terkonfirmasi positif Covid-19 dan melaporkan kasus tersebut ke Dinas Kesehatan Provinsi setempat.

Rita juga mengingatkan penjemputan masyarakat terkonfirmasi positif Covid-19 bisa dilakukan pada lebih dari satu orang pasien. 

Pasien dapat dijemput bersama jika benar dipastikan semuanya positif Covid-19.

"Kalau di dalam itu seluruhnya terkonfirmasi positif tidak masalah," tambah Rita.

Di kesempatan yang sama, Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Mayjen TNI Tugas Ratmono mengingatkan kepada tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19 selalu memperhatikan protokol kesehatan saat bertugas maupun lepas tugas.

"Berikan pengabdian yang terbaik tanpa merasa lelah dan selalu perhatikan protokol kesehatan," ujar dokter yang juga bertugas sebagai Kepala Pusat Kesehatan TNI itu. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Isolasi di Rumah Berlaku saat Menunggu Hasil Rapid Test", https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201013112846-25-557781/isolasi-di-rumah-berlaku-saat-menunggu-hasil-rapid-test


Artikel Terkait