Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyebut tak perlu ada diplomasi khusus dengan pemerintah China untuk mengevakuasi WNI yang masih terjebak di Kota Wuhan, China, akibat merebaknya Virus Corona.

Ikuti Jejak Jepang dan AS yang Berhasil Amankan Warga, Jubir Wapres: Tak Perlu Diplomasi Khusus untuk Evakuasi WNI

ANALITIK.ID- Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, menyebut tak perlu ada diplomasi khusus dengan pemerintah China untuk mengevakuasi WNI yang masih terjebak di Kota Wuhan, China, akibat merebaknya Virus Corona.

Ia mengatakan saat ini hubungan antara pemerintah Indonesia dan pemerintah China berlangsung dengan baik.

"Selama ini China sama pemerintah Indonesia sudah bagus hubungannya. Enggak ada masalah. Jadi enggak perlu langkah-langkah yang sifatnya khusus," kata Masduki kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/1).

Masduki menyatakan pemerintah Indonesia saat ini masih menunggu keputusan Pemerintah China terkait keamanan untuk melakukan evakuasi WNI yang terjebak di Wuhan.

Apabila diperbolehkan, kata dia, pemerintah Indonesia sudah pasti langsung melakukan evakuasi terhadap WNI yang terjebak di kota terbesar ketujuh di China itu.

"Kalau memang enggak bahaya pasti itu dengan sendirinya diperbolehkan dievakuasi," kata dia.

Masduki sendiri menyatakan pihaknya terus berkomunikasi dan mendapatkan laporan dari Kedutaan Besar RI di Beijing, China, terkait situasi di Wuhan secara berkala. Ia lantas menyarankan agar seluruh WNI di Hubai dan Wuhan untuk tetap tenang dan tak menghiraukan kabar bohong atau hoaks yang bertebaran.

"Tenang, jangan panik. Karena banyak berita hoaks yang bikin panik. Makanya tenang saja," kata Masduki.

Diketahui, pemerintah Jepang dan Amerika Serika berhasil mengevakuasi warga keluar dari kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Pemerintah dua negara itu membawa keluar warganya dari Wuhan untuk menekan kekhawatiran penyebaran virus corona mematikan yang bersumber dari kota tersebut.

TNI sendiri sudah menyiapkan armada dan Pengkalan Udara Halim Perdana Kusuma sebagai basis evakuasi jika diperlukan.(*)


Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia dengan judul "Jubir Wapres: Tak Perlu Diplomasi Khusus untuk Evakuasi WNI" https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200130103358-20-470065/jubir-wapres-tak-perlu-diplomasi-khusus-untuk-evakuasi-wni

TNI AU Siapkan 2 Boeing dan 1 Hercules Untuk Evakuasi WNI di China


Artikel Terkait