Video berdurasi 25 menit 57 detik itu membicarakan banyak hal soal psikologi dan ada juga membicarakan bagaimana pola asuh anak.

Disebut Ribut dengan Sang Ibu, Ini Kata Marshanda

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang Marshanda saat ini tengah ribut dengan sang bunda.

Marshanda kembali menjadi pusat perhatian.

Banyak yang menduga, Marshanda saat ini tengah ribut dengan sang bunda akibat potongan videonya  saat berbicara tentang hubungannya dengan sang bunda.

Detikcom pun menghubungi Marshanda, Jumat (25/6/2021) untuk mengklarifikasi video tersebut.

Marshanda meminta untuk mendengarkan secara keseluruhan apa yang dibicarakan dalam video tersebut.

"Tolong tonton video aslinya ya," balas Marshanda dalam pesan singkat.

Itu adalah video yang diunggah dalam channel YouTube Marshed pada 5 November 2019.

Video berdurasi 25 menit 57 detik itu membicarakan banyak hal soal psikologi dan ada juga membicarakan bagaimana pola asuh anak.

Jadi, di video tersebut bukan membicarakan soal pribadi Marshanda.

Marshanda pada kesempatan itu juga mengingat untuk tidak menahan perasaan yang nantinya bisa mengakibatkan sakit mental.

"Kalau lo tahan feeling lo kan bisa sakit mental. Dulu gue selalu menahan perasaan gue," ungkap Marshanda dalam video tersebut.

Menyoal pembicaraan pola didik yang harus ditanam sejak mengandung, Marshanda menceritakan pengalamannya mendengarkan kisah seseorang yang pada tanggal tertentu yang sama selalu mencoba bunuh diri tapi tak pernah berhasil.

Setelah konsultasi dengan psikolog ternyata ada kaitannya dengan kenangan ketika orang tersebut masih dalam kandungan sang ibu.

Pada tanggal di mana orang tersebut selalu mencoba bunuh diri, ternyata sang ibu saat mengandung dia pada tanggal tersebut mencoba untuk menggugurkan kandungannya.

Tanpa disadari hal itu tertanam pada alam bawah sadar orang tersebut merasa untuk mengakhiri hidupnya sendiri pada tanggal tersebut.

Sampai akhirnya pada beberapa menit terakhir Marshanda mendapatkan pertanyaan bagaimana menghilangkan trauma masa kecil agar tidak menurunkan pada anak yang dilahirkan.

"Kalau mau ngomongin soal sebagai orang tua, gimana ngilangin trauma masa kecil biar nggak turun ke anak karena banyak orang yang berpikir gue kalau sudah punya anak gue nggak bakal lakuin apa yang ibu bapak gue lakuin ke gue, ke anak gue. Tapi, lo lakuin juga. Itu karena dia belum sembuh," ucap Marshanda dalam video tersebut.

Di situlah Marshanda menceritakan bagaimana caranya menyembuhkan hal tersebut.

Marshanda memberikan contoh berdasarkan pengalaman dirinya berhubungan dengan sang bunda.

"Inti dari semua itu lo mesti balik secara hati, secara pikiran, secara alam bawah sadar di mana luka pertama itu muncul, rasain perasaan ketakutan lo di situ itu, pagi, siang, sore, malam, lo lagi sama siapa, samping lo siapa dia berkata apa.

Lo ulangin itu semua dan katakan kalau perlu, (tapi) bareng sama orang yang ngerti. Rasain emosi yang lo rasain di situ, terus setelah lo ngeluarin semua ketakutan lo, kemarahan lo, kesedihan lo, lo nangis, lo maknain ulang kejadian itu."

"Contoh, gue jujur nih yang gue alamin, gue ngerasa gue nggak diinginkan sama ibu gue seumur hidup gue, gue punya keyakinan itu," ungkap Marshanda.

Marshanda merasa seperti itu karena sejak kecil pada masa usia 5 tahun sudah sering bertengkar dengan sang bunda. Karena pertengkaran itu membuat Marshanda merasakan luka.

Sampai akhirnya pada usia 20 tahun, Marshanda mulai merasa dirinya adalah anak yang tak diinginkan.

"Pas gue umur 20 gue bertanya-tanya gue tuh unwanted ya sebenarnya? Waktu hamil gue lo belom siap ya? Nah, terus gue terapi nih, gue konseling. Di konseling itu kita diajak kembali ke momen pertama di mana gue ngerasain perasaan unwanted, terus step terakhirnya adalah memaknai ulang," jelasnya.

"Coba deh Ca kalau kamu sekarang gantian, kamu kan lagi Caca kecil, sekarang kamu rasain jadi Mama waktu itu, apa yang dia rasain waktu itu.

Gue merinding nih, gue bilang yang dia rasain dia stres sama hidupnya, dia stres sama pasangannya dia yang tidak tahu cara mencintai dia, dia stres sama tekanan dan tuntutan orang tuanya, dia hidup buat orang lain nggak pernah untuk dirinya sendiri. Dia capek!" cerita Marshanda soal pengalaman menyembuhkan perasaan itu.

"Itu namanya memaknai ulang dan di situ lo bisa sembuh. Maafin orang lain dulu, maafin diri lo juga dengan cara itu," tegasnya.

Itulah yang sebenarnya terjadi. Marshanda mengaku tak memasukkan ke hati ketika video tersebut dipotong-potong dan menimbulkan anggapan miring soal hubungannya dengan sang bunda. Itu juga yang dia tuliskan dalam media sosialnya.

"Mungkin gue jadiin bahan bersyukur aja kalau gue bisa bantu orang lain ningkatin engagement akun mereka dan nambah exposure media mereka," tulis Marshanda.

"Nggak usah dimasukin ke hati dan nganggap pembelok fakta dan penyebar berita jahat. Pekerja media itu cuma berusaha menghidupi dirinya dan penikmat gosip itu cuma butuh hiburan ringan di tengah hidup yang udah banyak stres, thats it,"pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul 'Marshanda Disebut Ribut dengan Ibu, Ini Faktanya' https://hot.detik.com/celeb/d-5619910/marshanda-disebut-ribut-dengan-ibu-ini-faktanya


Artikel Terkait