Meski demikian, SBY disebut masih memerhatikan perkembangan dunia dan nasional lewat siaran televisi.

Di Masa Pandemi Covid-19, SBY Memilih Melukis untuk Berdamai dengan Hati

ANALITIK.CO.ID - Berita Nasional yang dikutip ANALITIK.CO.ID tentang SBY kini gemar melukis untuk mengisi kesehariannya.

Di masa pandemi Covid-19, Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengisi kesehariannya dengan melukis, selain melakukan aktivitas lain.

Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan menjelaskan latar belakang SBY memilih melukis.

"Di masa pandemi ini, Bapak SBY menerapkan prokes secara ketat. Beliau sangat membatasi kegiatan di luar serta penerimaan tamu di kediaman Cikeas. Beliau mengisinya dengan hobi dan passion yang beliau miliki," kata Ossy Dermawan, Minggu (8/8/2021).

Ossy menyebut SBY menciptakan lagu 'Cahaya Dalam Kegelapan' yang berisi dorongan semangat dan optimisme dalam menghadapi pandemi pada April 2020. Keinginan melukis SBY tebersit pada Mei 2021.

"Sekitar akhir Mei 2021, beliau berkeinginan untuk mengasah kembali kemampuannya untuk melukis. Melukis sangat digemarinya dulu saat bersekolah di SMP dan SMA di Pacitan.

Kegiatan ini diyakini beliau adalah kegiatan yang sangat positif dalam rangka healing process atas rasa kehilangan mendalam atas almarhumah istri tercinta," kata Ossy.

Ossy kemudian menyebutkan inspirasi SBY dalam melukis. Salah satu ilhamnya ialah jepretan almarhumah Ani Yudhoyono.

"Terkadang foto hasil jepretan almarhumah juga menjadi ilhamnya dalam melukis.

Beliau merasa melukis dapat membuatnya untuk berdamai dengan hati. Kegiatan ini juga sangat sesuai dengan anjuran pemerintah untuk PPKM sehingga beliau tetap dapat beraktivitas di rumah," kata Ossy.

Ossy menyebut lukisan SBY merupakan hasil latihan. Dia menyatakan SBY masih ingin meningkatkan kemampuannya bermain kuas dan beradaptasi dengan cat akrilik dan kanvas.

Meski demikian, SBY disebut masih memerhatikan perkembangan dunia dan nasional lewat siaran televisi.

"Tentu saja beliau juga tetap memperhatikan perkembangan dunia serta perkembangan nasional melalui TV yang beliau tonton di sela kegiatan beliau," kata Ossy. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul 'Melukis, SBY Merasa Bisa Berdamai dengan Hati' https://news.detik.com/berita/d-5674194/melukis-sby-merasa-bisa-berdamai-dengan-hati


Artikel Terkait