Kemunculan ribuan ikan yang menyerupai penis terdampar di Drakes Beach, California, Amerika Serikat membuat publik terkejut. Selain karena namanya yang terdengar janggal, jumlah binatang laut yang terdampar ini sangat banyak.

Ribuan Ikan Menyerupai Penis Terdampar di Pantai Drakes California, Cek Faktanya

ANALITIK.ID - Kemunculan ribuan ikan yang menyerupai penis terdampar di Drakes Beach, California, Amerika Serikat membuat publik terkejut. Selain karena namanya yang terdengar janggal, jumlah binatang laut yang terdampar ini sangat banyak.

Di Indonesia, mungkin jarang orang yang melihat binatang ini. Namun di beberapa dunia, ikan penis bukan pemandangan langka bahkan ada yang mengonsumsinya sebagai makanan.

Nah, berikut adalah fakta seputar ikan penis mengutip dari berbagai sumber:

1. Nama ilmiah ikan penis

Nama ikan penis sebetulnya hanya julukan di beberapa negara. Binatang ini memiliki nama ilmiah Urechis Unicinctus. Binatang ini termasuk dalam spesies cacing sendok yang hidup di laut.

Tubuhnya memiliki panjang antara 10-30 centimenter berbentuk sislinder dengan warna perpaduan kuning-cokelat.

2. Punya banyak Julukan

Seperti spesies sejenisnya, ikan ini tinggal dan hidup di dalam pasir dan lumpur. Julukan lain bagi Urechis Unicinctus adalah fat innkeeper worm cacing gemuk penjaga karena sering ditemukan hewan lain di habitatnya.

Nama ikan penis banyak digunakan oleh masyarakat China

3. Cara Hidup ikan penis

Spoonworm ini menciptakan liang berbentuk U di sedimen lunak dasar laut. Cincin kelenjar di bagian depan belalai mengeluarkan lendir yang menempel pada dinding liang. Cacing terus mengeluarkan lendir saat bergerak mundur di liang sehingga menciptakan jaring lendir. Cacing menarik air melalui liangnya dengan menggerakan tubuh dan partikel makanan yang melekat pada jaring. 

Ketika cukup makanan dikumpulkan, cacing bergerak maju di liangnya dan menelan jaring dan makanan terjerat.

4. Jadi Bahan Makanan di Korea dan China

Tahukah kamu jika ikan penis juga digunakan sebagai bahan makanan di Korea. Binatang ini dimakan secara mentah dengan menambahkan garam dan minyak wijen atau gochujang . Pasar makanan ini tersebar di Korea, Jepang, dan sampai pantai Pasifik.

Tak hanya di Korea, ikan penis juga sering jadi masakan di Tiongkok. Cacing ini digoreng dengan sayuran, atau dikeringkan dan dijadikan bubuk untuk digunakan sebagai penambah umami .

Ini juga digunakan sebagai umpan memancing untuk ikan seperti ikan flounder dan sea ??bream.

5. Dapat Hidup 25 Tahun

Cacing ini diyakini dapat hidup hingga 25 tahun. Mereka berenang menggunakan belalai berbentuk spatula.

Biasanya memakan bakteri, plankton dan partikel kecil lainnya yang dikumpulkannya menggunakan " jaring lendir lengket". (*) 

Artikel ini telah tayang di Dream.co.id dengan judul "Fakta Seputar `Ikan Penis` yang Terdampar Ribuan Ekor di Pantai Amerika" https://m.dream.co.id/unik/fakta-seputar-ikan-penis-yang-terdampar-ribuan-ekor-di-pantai-amerika-191214h.html


Artikel Terkait